Produsen otomotif Yamaha, terus berinovasi. Era sepeda motor injeksi sudah mulai di terapkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Meneruskan keunggulannya di kategori skutik berkelas, pada Februari 2012 lalu Yamaha meluncurkan Mio J, motor injeksi teranyarnya. Generasi terbaru Mio itu memiliki tangline Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic.
Peluncuran resmi Yamaha Mio J di di lapangan Gasibu, Bandung,
Sabtu malam 25 Februari berlangsung semarak dan mendapat sambutan antusias
masyarakat. Diawali touring Mio J bersama media dan klub motor Yamaha menyusuri
dua rute, Jogjakarta - Purwokerto dan Purwokerto-Bandung (23 – 25 Februari
2012).
Skutik perdana Yamaha dengan teknologi injeksi/Full Injection
(FI) ini, juga membuat pasar otomotif roda dua Indonesia semakin berwarna.
Kehadiran Mio J disambut pasar, mengingat skutik begitu populer di Indonesia.
Penerimaan masyarakat atas pertimbangan kualitas tinggi teknologi Yamaha yang
sudah dipercaya selama ini memimpin market otomotif roda dua nasional pun
tinggi. Buktinya, sejak resmi diluncurkan Februari hingga Mei 2012 saja, Mio J
terjual 228.918 unit!
Mio J menjawab semua keinginan konsumen yang menginginkan skutik
berteknologi tinggi. Teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel
Injection (YMJET-FI) membuat Mio J begitu sempurna. Ketangguhannya mesinnya
ditambah pengaplikasian mesin juara Yamaha, Diasil Cylinder dan Forged Piston.
Penyatuan mesin juara Yamaha dan teknologi mutakhir YMJET-FI melahirkan motor
matik performa tinggi.
Uniknya, Mio J – diambil dari teknologi FI Yamaha yang disebut
Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Maknanya sangat dalam dan menjadi
kesempurnaan Mio J dengan teknologi mutakhir Yamaha yang dapat meningkatkan
performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Ini pula mengapa Mio J
disebut It’s Magic.
Kata kunci lainnya buat Mio J adalah friendly (bersahabat), yang
artinya Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia,
anak-anak sampai dewasa. Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena
tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda.
Mio J mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa
mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu
membersihkan karburator, servisnya cepat karena akinya kering jadi tidak perlu
dicek setiap minggu.
Bagasi Mio J luasnya 8 liter sehingga bisa menyimpan banyak
barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Pengguna Mio J juga tidak
perlu sering-sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar karena besarnya tangki
Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar. Keunggulan lainnya adalah mudah
membawa boncengan karena joknya panjang.
Performa Mio J juga terjamin keunggulannya dengan diasil
cylinder, forged piston dan YMJET-FI yang melahirkan motor matik performa
tinggi secepat jet dan selincah Mio, irit dan awet. Fitur Mio J yang tak kalah
pentingnya adalah key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan
dari pencurian motor.
Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman
untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor.
Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi
belakang sehingga menciptakan kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis.
Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang
menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik
menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack
board, leg shield dan head lamp.
Mio J Family dan Mio J Teen
Yamaha menciptakan Mio J Family untuk kalangan umum dan khusus
bagi anak-anak muda untuk tampil lebih trendy diciptakan Mio J Teen. Mio J
Family berkarakter dynamic, sporty, elegan dan simpel. Ada lima varian dengan
warna putih, hijau, biru, hitam dan
merah.
Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporty dan dinamis. Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp ; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang ; cover body bagian bawah.
Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporty dan dinamis. Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp ; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang ; cover body bagian bawah.
Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut
nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike
berwarna dasar hitam - putih - merah. Yang lainnya berwarna hitam – hijau –
abu-abu muda ; putih – biru – abu-abu muda ; putih – hitam – abu-abu muda ;
putih – merah – abu-abu muda.
Untuk harga on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp
11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp
12.930.000. Yamaha menargetkan penjualan Mio J sebanyak 25 ribu unit per bulan
bertahap sampai 50 ribu unit per bulan.
Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Fitur-fitur Mio J berkualitas Yamaha juga akan menambah
kenyamanan konsumen dalam berkendara. Tempat duduk yang luas dan lebih panjang,
lampu sein depan yang mengkilat tajam seperti pandangan mata, speedometer baru
dan bagasi luas. Warna-warna Mio J semakin memanjakan konsumen dengan lima
warna. Putih yang mengikuti tren warna terkini di dunia otomotif, hitam, biru
dan merah.
Menariknya lagi, menyusul peluncuran produk skutik terbaru Mio
J, PT Yamaha Indonesia meluncurkan spare
part dan helm khusus Mio J. Yamaha mengklaim harga spare part Mio J khususnya
untuk Fuel Injection (FI) part lebih murah. Ini menambah daftar keunggulan Mio
J! Komponen skutik itu adalah throttle body dengan harga Rp 420.000, fuel pumpRp 430.000, injector Rp115.000 dan Engine Control Unit (ECU) Rp. 525.000.
Selain itu, tersedia pula cairan pembersih sisa pembakaran mesin
Carbon Cleaner untuk Mio J yang sekaligus bisa digunakan untuk produk V-Ixioin.
Sebotol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Gear Oil dengan volume
140 ml Mio J juga telah tersedia.
Untuk helmnya,seperti helm khusus Mio Fino, desainnya mengikuti
grafis motornya. Grafis yang digunakan memakai teknologi 3D sehingga terlihat
menonjol dan unik. Ada dua pilihan yang ditawarkan, berwarna solid tanpa grafis
Rp 180.000 dan warna dasar putih dengan grafis Rp 195.000.
Helm Mio J solid, tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver
Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid. Dan,untuk warna dasar putih
dengan grafis juga ada tiga pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic, YB-A4 Pink
Graphic, YB-A4 Black Graphic.
Tak hanya itu. Mio J masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna untuk anak muda. Fakta ini menjadikan Mio J semakin begitu sempurna. Terlebih lagi Mio J menggunakan mesin teknologi Fuel Injection (FI) yang benar-benar baru hasil pengembangan tenaga ahli Yamaha.
Iritnya Mio J ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection).
Low Friction Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik.
Hal ini diaplikasikan pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah.
Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.
DiAsil Cylinder dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel).
Sedangkan kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil Cylinder terjaga. Karena itu, jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil Cylinder dan Forged Piston.
Komponen lainnya dalam sistem mesin Mio J yang membuatnya irit adalah Fuel Pump yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin).
Dan pastinya, YMJET-FI yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. YMJET-FI menghasilkan pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah lingkungan.
"Motor-motor Yamaha dengan teknologi Fuel Injectionnya mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan." jelas M.Abidin, Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia.
YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.
Masih ada pula ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang tertanam pada beberapa bagian penting mesin.
Sebut saja, sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.
Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.
Selain itu, pada teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.
Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.
So, apa lagi yang musti dipertanyakan pada Mio J. Motor matic ini akan membuktikan diri sebagai sepeda motor praktis, ekonomis, dan berkemampuan tinggi.
Pembuktian Irit
Pada turing Mio J mencatatkan performa terbaiknya dalam hal
efisiensi bahan bakar. Terbukti, rata-rata konsumsi bahan bakar dari turing
mencapai 63 km/liter. Perjalanan dari Yogyakarta hingga Purwokerto ini,
dilakukan dengan kecepatan rata-rata konstan di 40-80 km/jam. Trek lurus
disertai hujan mewarnai perjalanan tersebut.
Faktor penyebab iritnya Mio J, selain sistem bahan bakar yang
menggunakan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), masih ada teknologi
lain yang diaplikasi di Mio J yang turut memberikan efisiensi bahan bakar yang
lebih baik.
Seperti diaplikasinya Diasil Cylinder & Forged Piston,
menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet , tahan lama. Dan para tenaga ahli
Yamaha , mengaplikasi "Low Friction Engine Technology", artinya
struktur mesin Mio J memiliki daya gesek yang rendah, akibatnya efek panas pada
mesin menjadi lebih rendah, sehingga konsumsi BBMnya lebih irit disebabkan suhu
mesin yang terkontrol dengan baik.
Mio Diminati Masyarakat
Untuk diketahui, motor Mio menyumbang 50 persen penjualan Yamaha
pada 2011. General Manajer Marketing dan Promosi YIMM, Eko Prabowo, Eko
Prabowo, mengatakan separuh dari penjualan, sebesar 3,4 juta unit, disumbang
Mio. Penjualan Mio hingga semester pertama 2012 stabil di kisaran 100 ribu unit
per bulan," kata Eko, Selasa, 10 Juli 2012, di Sirkuit Sentul.
Menurut Eko, masyarakat Indonesia cenderung menyukai motor jenis
matik, sehingga penjualannya tinggi. Bahkan di semester pertama ini Yamaha
berhasil menjual sekitar 1 juta unit yang didominasi Mio. Yamaha Indonesia
Motor menargetkan penjualan tahun ini sebesar 2,4 juta unit.
Kepedulian Sosial Yamaha
Setelah resmi diluncurkan, Mio J sudah masuk ke lingkungan
sekolah. Kali ini Yamaha bekerja sama dengan Markas Besar Kepolisian Republik
Indonesia (Mabes Polri) menjadi sponsorship pemilihan guru terbaik SMK Kemala
Bhayangkari 1, Cipinang, Jakarta Timur.
Untuk pertama kalinya diadakan event apresiasi terhadap guru
sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari itu dengan
memberikan unit motor Yamaha. Yamaha memberikan tiga unit Mio J secara simbolis
di SMK Kemala Bhayangkari, Selasa, 6 Maret 2012.
”Melalui event ini, Yamaha juga ingin memberikan penghargaan
kepada para guru yang telah mendedikasikan dirinya untuk mencerdaskan anak
bangsa. Diharapkan dengan apresiasi ini, mereka lebih bersemangat lagi dalam
menjalankan tugasnya. Mio J pun dapat menjadi sarana transportasi tepat
sekaligus bisa merasakan keunggulannya khususnya irit dan cepat,” papar Indra
Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.
Lewat voting para siswa, terpilih tiga guru favorit yang
beruntung mendapatkan Mio J. Sudarmono, staf pengajar Teknik Mesin ; Suratman
(Pendidikan Kewarganegaraan) dan Harni Siswati (Kimia), tak terhingga
bahagianya saat disebutkan namanya berhak membawa pulang Mio J. (berbagai
sumber)
Spesifikasi Mio J-Fi:
Mesin:4-tak SOHC, Berpendingin Udara
Volume Silinder:113.69 cc
Rasio Kompresi:9.30:1
Bore x Stroke:50x57.9 mm
Busi:NGK/CR6HSA
Sistem asupan bahan bakar:Injection system YMJET-FI
Sistem Pengapian:TCI
Kopling:Kering otomatis sentrifugal
Bahan bakar:Bensin beroktan 91
Starter:Elektrik dan "Kick"
Tanki bahan bakar: 4,8 liter
Kapasitas Oli: 0,8 liter
Sistem penggerak:Automatic V-belt (V-Belt)
Rasio gear: 2,343-0,874:1 .
Saringan udara:Kertas basah
Dimensi P x L x T:700 x 1,850 x 1,050 mm
Tinggi sampai sadel:745 mm
Jarak pijak:130 mm
Sumbu roda:1,260 mm
Bobot bersih/bensin penuh:Net 87/93 kg
Rem:Piston tunggal (depan) dan teromol (belakang)
Ban:70/90-14M/C 34P (depan), 80/90-14M/C 46P (belakang)
Aki:Kering
Lampu utama:12-volt 32 watt
Harga Yamaha Mio J-Fi on the road Jakarta :
Mio J-FI : Rp11.990.000
Mio J CW-FI: Rp12.800.000
Mio J-CW Teen FI: Rp12.930.000
Seperti halnya Mio Fino yang memiliki helm khusus yang didesain Yamaha sesuai grafis pada motor Mio Fino, helm spesial Mio J juga dibuat mengikuti grafis motornya. Helm Mio J dibagi dalam dua kelompok yang berwarna solid tanpa grafis seharga Rp 180.000 dan berwarna dasar putih dengan grafis seharga Rp 195.000.
Untuk helm Mio J berwarna solid tanpa grafis tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid. Sedangkan helm Mio J berwarna dasar putih dengan grafis juga memiliki tiga warna pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna biru), YB-A4 Pink Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna pink), YB-A4 Black Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna black). Grafis helm Mio J ini memakai teknologi 3D sehingga terlihat menonjol dan unik.
.
Konsumen yang ingin mengecek harga dan ketersediaan spare part bisa membuka website spare part di www.yamaha-motor.co.id/sparepart serta dapat menghubungi call center (021) 2457 5555 dan (021) 461.8000. Konsumen juga dapat follow account twitter @YamahaPartsID
No comments:
Post a Comment