Tuesday, July 10, 2012

Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J



Produsen otomotif Yamaha, terus berinovasi. Era sepeda motor injeksi sudah mulai di terapkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Meneruskan keunggulannya di kategori skutik berkelas, pada Februari 2012 lalu Yamaha meluncurkan Mio J, motor injeksi teranyarnya. Generasi terbaru Mio itu memiliki tangline Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic.
Add Logo Yamaha Writing Competition
Peluncuran resmi Yamaha Mio J di di lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu malam 25 Februari berlangsung semarak dan mendapat sambutan antusias masyarakat. Diawali touring Mio J bersama media dan klub motor Yamaha menyusuri dua rute, Jogjakarta - Purwokerto dan Purwokerto-Bandung (23 – 25 Februari 2012).

Skutik perdana Yamaha dengan teknologi injeksi/Full Injection (FI) ini, juga membuat pasar otomotif roda dua Indonesia semakin berwarna. Kehadiran Mio J disambut pasar, mengingat skutik begitu populer di Indonesia. Penerimaan masyarakat atas pertimbangan kualitas tinggi teknologi Yamaha yang sudah dipercaya selama ini memimpin market otomotif roda dua nasional pun tinggi. Buktinya, sejak resmi diluncurkan Februari hingga Mei 2012 saja, Mio J terjual 228.918 unit!

Mio J menjawab semua keinginan konsumen yang menginginkan skutik berteknologi tinggi. Teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) membuat Mio J begitu sempurna. Ketangguhannya mesinnya ditambah pengaplikasian mesin juara Yamaha, Diasil Cylinder dan Forged Piston. Penyatuan mesin juara Yamaha dan teknologi mutakhir YMJET-FI melahirkan motor matik performa tinggi.

Add Image Yamaha Writing Competition
Uniknya, Mio J – diambil dari teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Maknanya sangat dalam dan menjadi kesempurnaan Mio J dengan teknologi mutakhir Yamaha yang dapat meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Ini pula mengapa Mio J disebut It’s Magic.


Kata kunci lainnya buat Mio J adalah friendly (bersahabat), yang artinya Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia, anak-anak sampai dewasa. Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda.

Mio J mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator, servisnya cepat karena akinya kering jadi tidak perlu dicek setiap minggu. 

Bagasi Mio J luasnya 8 liter sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Pengguna Mio J juga tidak perlu sering-sering ke SPBU untuk mengisi bahan bakar karena besarnya tangki Mio J yang dapat diisi 4,8 liter bahan bakar. Keunggulan lainnya adalah mudah membawa boncengan karena joknya panjang.

Performa Mio J juga terjamin keunggulannya dengan diasil cylinder, forged piston dan YMJET-FI yang melahirkan motor matik performa tinggi secepat jet dan selincah Mio, irit dan awet. Fitur Mio J yang tak kalah pentingnya adalah key shutter (kunci magnet) yang meningkatkan perlindungan dari pencurian motor.

Desain Mio J secara keseluruhan pun menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desainnya mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis. Sporty, canggih dan dinamis. Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik menonjol Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.

Add Image Yamaha Writing Competition
Mio J Family dan Mio J Teen
Yamaha menciptakan Mio J Family untuk kalangan umum dan khusus bagi anak-anak muda untuk tampil lebih trendy diciptakan Mio J Teen. Mio J Family berkarakter dynamic, sporty, elegan dan simpel. Ada lima varian dengan warna putih, hijau,  biru, hitam dan merah. 

Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporty dan dinamis. Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp ; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang ; cover body bagian bawah.

Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam - putih - merah. Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda ; putih – biru – abu-abu muda ; putih – hitam – abu-abu muda ; putih – merah – abu-abu muda.

Untuk harga on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000. Yamaha menargetkan penjualan Mio J sebanyak 25 ribu unit per bulan bertahap sampai 50 ribu unit per bulan.

Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Fitur-fitur Mio J berkualitas Yamaha juga akan menambah kenyamanan konsumen dalam berkendara. Tempat duduk yang luas dan lebih panjang, lampu sein depan yang mengkilat tajam seperti pandangan mata, speedometer baru dan bagasi luas. Warna-warna Mio J semakin memanjakan konsumen dengan lima warna. Putih yang mengikuti tren warna terkini di dunia otomotif, hitam, biru dan merah.

Menariknya lagi, menyusul peluncuran produk skutik terbaru Mio J, PT Yamaha  Indonesia meluncurkan spare part dan helm khusus Mio J. Yamaha mengklaim harga spare part Mio J khususnya untuk Fuel Injection (FI) part lebih murah. Ini menambah daftar keunggulan Mio J! Komponen skutik itu adalah throttle body dengan harga Rp 420.000, fuel pumpRp 430.000, injector Rp115.000 dan Engine Control Unit (ECU) Rp. 525.000.

Selain itu, tersedia pula cairan pembersih sisa pembakaran mesin Carbon Cleaner untuk Mio J yang sekaligus bisa digunakan untuk produk V-Ixioin. Sebotol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Gear Oil dengan volume 140 ml Mio J juga telah tersedia.

Untuk helmnya,seperti helm khusus Mio Fino, desainnya mengikuti grafis motornya. Grafis yang digunakan memakai teknologi 3D sehingga terlihat menonjol dan unik. Ada dua pilihan yang ditawarkan, berwarna solid tanpa grafis Rp 180.000 dan warna dasar putih dengan grafis Rp 195.000.

Helm Mio J solid, tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid. Dan,untuk warna dasar putih dengan grafis juga ada tiga pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic, YB-A4 Pink Graphic, YB-A4 Black Graphic.


Poin-poin penting kelebihan Mio J bisa dilihat dari performa, dimana responsifnya tinggi dan economical atau irit. Bahkan iritnya pun masih ditambah dengan kemampuan bertahan lama.

Tak hanya itu. Mio J masih menyimpan style desain yang smart flowing line dan 10 pilihan warna untuk anak muda. Fakta ini menjadikan Mio J semakin begitu sempurna. Terlebih lagi Mio J menggunakan mesin teknologi Fuel Injection (FI) yang benar-benar baru hasil pengembangan tenaga ahli Yamaha.

Iritnya Mio J ditunjang rangkaian sistem yang diaplikasikan pada mesin, yaitu Low Friction Technology, DiAsil Cylinder dan Forged Piston, Fuel Pump dan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection).

Low Friction Technology dikembangkan untuk mengurangi segala jenis friksi atau gesekan. Efek panas pada mesin pun lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik.

Hal ini diaplikasikan pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan effect panasnya sangat rendah.

Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

DiAsil Cylinder dan Forged Piston memberikan manfaat kompresinya tinggi dan piston clearance stabil. Kompresi tinggi dapat dijelaskan dari material DiAsil Cylinder yang tidak full besi tapi dicampur dengan silikon sehingga saat terjadi tekanan atau kompresi, dinding DiAsil Cylinder jadi lebih dinamik (dindingnya fleksibel).

Sedangkan kestabilan piston clearance dikarenakan jarak antara Forged Piston dan dinding DiAsil Cylinder terjaga. Karena itu, jadi tidak akan terjadi kerusakan pada dinding DiAsil Cylinder dan Forged Piston.

Komponen lainnya dalam sistem mesin Mio J yang membuatnya irit adalah Fuel Pump yang sangat compact (padat), low electricity consumption (konsumsi energi listrik rendah), serta good fuel consumption (mampu mengontrol injeksi bensin dari tangki ke area mesin).

Dan pastinya, YMJET-FI yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. YMJET-FI menghasilkan pembakaran sempurna, tenaga yang maksimal namun sangat irit BBM dan ramah lingkungan.

"Motor-motor Yamaha dengan teknologi Fuel Injectionnya mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan." jelas M.Abidin, Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia.

YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat, sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI konsumsi bahan bakar sangat efisien di putaran rendah hingga menengah.

Masih ada pula ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sangat cerdas. Sistem ini secara akurat akan menerima berbagai informasi penting dari sensor yang tertanam pada beberapa bagian penting mesin.

Sebut saja, sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor, serta Crank Angle Sensor. Kesemua sensor itu merespon dan memberi instruksi secara cepat dan akurat kepada injektor mesin agar menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan, sehingga tetap irit walau bertenaga penuh.

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, ini terletak pada posisi injektor yang mengarah langsung ke ruang bakar. Kondisi teknis ini membuat aliran tidak tersumbat.

Selain itu, pada teknologi YMJET-FI juga disematkan sistem Air Assist Passage (jalur udara khusus pada sistem YMJET-FI). Sistem ini bekerja mengarahkan suplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.

So, apa lagi yang musti dipertanyakan pada Mio J. Motor matic ini akan membuktikan diri sebagai sepeda motor praktis, ekonomis, dan berkemampuan tinggi.
 

Pembuktian Irit
Pada turing Mio J mencatatkan performa terbaiknya dalam hal efisiensi bahan bakar. Terbukti, rata-rata konsumsi bahan bakar dari turing mencapai 63 km/liter. Perjalanan dari Yogyakarta hingga Purwokerto ini, dilakukan dengan kecepatan rata-rata konstan di 40-80 km/jam. Trek lurus disertai hujan mewarnai perjalanan tersebut.

Faktor penyebab iritnya Mio J, selain sistem bahan bakar yang menggunakan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), masih ada teknologi lain yang diaplikasi di Mio J yang turut memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Seperti diaplikasinya Diasil Cylinder & Forged Piston, menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet , tahan lama. Dan para tenaga ahli Yamaha , mengaplikasi "Low Friction Engine Technology", artinya struktur mesin Mio J memiliki daya gesek yang rendah, akibatnya efek panas pada mesin menjadi lebih rendah, sehingga konsumsi BBMnya lebih irit disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik.

Hal ini diaplikasi pada bagian Cam Shaft (Ditambahkan Bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah. Tidak cukup itu saja, system pendinginannya dilengkapi juga dengan Turbo Fan, yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

Mio Diminati Masyarakat
Untuk diketahui, motor Mio menyumbang 50 persen penjualan Yamaha pada 2011. General Manajer Marketing dan Promosi YIMM, Eko Prabowo, Eko Prabowo, mengatakan separuh dari penjualan, sebesar 3,4 juta unit, disumbang Mio. Penjualan Mio hingga semester pertama 2012 stabil di kisaran 100 ribu unit per bulan," kata Eko, Selasa, 10 Juli 2012, di Sirkuit Sentul.

Menurut Eko, masyarakat Indonesia cenderung menyukai motor jenis matik, sehingga penjualannya tinggi. Bahkan di semester pertama ini Yamaha berhasil menjual sekitar 1 juta unit yang didominasi Mio. Yamaha Indonesia Motor menargetkan penjualan tahun ini sebesar 2,4 juta unit. 

Kepedulian Sosial Yamaha
Setelah resmi diluncurkan, Mio J sudah masuk ke lingkungan sekolah. Kali ini Yamaha bekerja sama dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menjadi sponsorship pemilihan guru terbaik SMK Kemala Bhayangkari 1, Cipinang, Jakarta Timur.

Untuk pertama kalinya diadakan event apresiasi terhadap guru sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari itu dengan memberikan unit motor Yamaha. Yamaha memberikan tiga unit Mio J secara simbolis di SMK Kemala Bhayangkari, Selasa, 6 Maret 2012.

”Melalui event ini, Yamaha juga ingin memberikan penghargaan kepada para guru yang telah mendedikasikan dirinya untuk mencerdaskan anak bangsa. Diharapkan dengan apresiasi ini, mereka lebih bersemangat lagi dalam menjalankan tugasnya. Mio J pun dapat menjadi sarana transportasi tepat sekaligus bisa merasakan keunggulannya khususnya irit dan cepat,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Lewat voting para siswa, terpilih tiga guru favorit yang beruntung mendapatkan Mio J. Sudarmono, staf pengajar Teknik Mesin ; Suratman (Pendidikan Kewarganegaraan) dan Harni Siswati (Kimia), tak terhingga bahagianya saat disebutkan namanya berhak membawa pulang Mio J. (berbagai sumber)



Spesifikasi Mio J-Fi:
Mesin:4-tak SOHC, Berpendingin Udara
Volume Silinder:113.69 cc
Rasio Kompresi:9.30:1
Bore x Stroke:50x57.9 mm
Busi:NGK/CR6HSA
Sistem asupan bahan bakar:Injection system YMJET-FI
Sistem Pengapian:TCI
Kopling:Kering otomatis sentrifugal
Bahan bakar:Bensin beroktan 91
Starter:Elektrik dan "Kick"
Tanki bahan bakar: 4,8 liter
Kapasitas Oli: 0,8 liter
Sistem penggerak:Automatic V-belt (V-Belt)
Rasio gear: 2,343-0,874:1 .
Saringan udara:Kertas basah
Dimensi P x L x T:700 x 1,850 x 1,050 mm
Tinggi sampai sadel:745 mm
Jarak pijak:130 mm
Sumbu roda:1,260 mm
Bobot bersih/bensin penuh:Net 87/93 kg
Rem:Piston tunggal (depan) dan teromol (belakang)
Ban:70/90-14M/C 34P (depan), 80/90-14M/C 46P (belakang)
Aki:Kering
Lampu utama:12-volt 32 watt

Harga Yamaha Mio J-Fi on the road Jakarta :
Mio J-FI : Rp11.990.000
Mio J CW-FI: Rp12.800.000
Mio J-CW Teen FI: Rp12.930.000


Seperti halnya Mio Fino yang memiliki helm khusus yang didesain Yamaha sesuai grafis pada motor Mio Fino, helm spesial Mio J juga dibuat mengikuti grafis motornya. Helm Mio J dibagi dalam dua kelompok yang berwarna solid tanpa grafis seharga Rp 180.000 dan berwarna dasar putih dengan grafis seharga Rp 195.000.


Untuk helm Mio J berwarna solid tanpa grafis tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid. Sedangkan helm Mio J berwarna dasar putih dengan grafis juga memiliki tiga warna pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna biru), YB-A4 Pink Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna pink), YB-A4 Black Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna black). Grafis helm Mio J ini memakai teknologi 3D sehingga terlihat menonjol dan unik.
Helm MIO J
Helm MIO J

Helm MIO J
Helm MIO J


.



Helm MIO JHelm MIO J














Konsumen yang ingin mengecek harga dan ketersediaan spare part bisa membuka website spare part di www.yamaha-motor.co.id/sparepart serta dapat menghubungi call center (021) 2457 5555 dan (021) 461.8000. Konsumen juga dapat follow account twitter @YamahaPartsID

No comments: